Pusing- pusing Hosting Gratisan

image

Saya pikir membuat website itu cukup mudah, karena melihat banyak sekali website bertebaran di dunia internet. Karena merasa mudah tersebut, mulai lah saya membuat sebuah blog, sebagai basis untuk membuat sebuah website.

Setelah sebuah blog berhasil saya otak atik sampai pusing, yang ternyata kemudahan itu tidak menghampiri, sejenak saya pikir, oh mungkin mudah bagi beberapa orang yang telah menguasai ilmunya. Terus terang saya tidak punya basic ilmu komputer sama sekali, kemampuan menggunakan komputer saya pun bisa dibilang cukup di bawah level, hahaha… Iya karena banyak sekali saat ini anak- anak muda yang cukup piawai bermain dengan mudah menggunakan komputer, sedangkan saya mengetik masih menggunakan sebelas jari, alias jari telunjuk kanan dan jari telunjuk kiri :))

Setelah blog yang saya otak atik ini berhasil di publish dengan materi kesukaan saya, hati saya tergerak untuk menyewa sebuah domain, demi memendekkan nama url blog saya, sehingga memudahkan kita mencarinya di mesin pencari google. Dengan Biaya yang tidak sedikit, akhirnya saya mencoba menyewa domain .com dengan nama blog saya. Sesaat saya puas, namun tergelitik ketika saya membaca sebuah artikel tentang control panel. Karena konon menggunakan control panel, saya dapat merubah settingan blog saya menjadi website.

Gatal tangan saya untuk mencoba mencari tahu, dan akhirnya saya temukan sebuah hosting, ya, penyedia jasa untuk control panel dan data base, tidak berbayar alias gratisan. Pikiran saya, oke, saya akan mencobanya, jika cocok dengan saya, maka akan saya sewa hostingnya per tahun, seperti yang saya lakukan pada domain saya.

Selepas mendaftar pada hosting yang gratisan itu, saya diminta menunggu selama 72jam. Kepo yang luar biasa tidak berhenti- berhenti datang, saya bolak balik mengecek apakah saya sudah dapat menggunakan hosting yang saya daftarkan.

Entah karena saya gaptek alias gagap teknologi, tapi selepas 72 jam bahkan sudah hampir sebulan, saya tidak mendapatkan kejelasan sama sekali. Saya kemudian bertanya pada orang yang mengurus domain saya, namun saya diminta menunggu. Sehari, dua hari, tiga hari, tidak terasa sudah berjalan dua minggu. Saya semakin pusing. Tidak mendapatkan website seperti yang saya harapkan. Padahal saya masih ingin mengotak atik weblog saya itu, tapi terhalang dengan proses hosting yang belum juga kelar sampai sekarang.

Apakah karena saya gratisan ya, jadi hostingnya kurang bisa cepat koneksinya? Entahlah, yang pasti saya pusing dengan perihal hosting ini, dan saya tidak punya cukup biaya untuk bermain- main dengan hosting berbayar jika yang gratis saja saya susah mengertinya 😦 *keluh*

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s