Cara Sehat Mengkonsumsi Sayuran

Banyak orang malas mencuci dengan bersih sayuran yang akan dikonsumsi. Akibatnya pernah terjadi di suatu negara, seseorang keracunan akibat penyajian sayuran dalam menu salad. Pasalnya sayuran segar tersebut tidak dicuci dengan baik. Sehingga bakteri yang berada di sela- sela sayuran ikut terkonsumsi. Orang tersebut terpaksa dilarikan ke Rumah Sakit dan menderita keracunan yang cukup parah.

Saat ini beberapa produsen detergen berlomba- lomba mengeluarkan produk pencuci sayuran yang dilengkapi dengan senyawa pembasmi bakteri, hanya saja kadang harga menjadi taruhannya.

Pisahkan sayur yang layu dan busuk dari sayuran yang baik.

Banyak orang terlalu malas untuk memilih mana sayuran yang layu dan harus disisihkan, serta sayuran yang terdapat kutu- kutu di daunnya. Sebaiknya sedari sekarang mulai untuk memperhatikan kebersihan apa yang akan kita konsumsi, karena sifat pengaruhnya jangka panjang terhadap tubuh kita.

Potong batang sayur yang berbatang besar untuk menghindari adanya ulat yang bersembunyi.

Mungkin beberapa restoran kadang agak malas memotong batang sayuran, seperti pada kangkung yang berbatang besar. Di batang kangkung yang sehat biasanya terdapat hama seperti ulat atau bahkan lintah. Jika tidak seksama dalam membersihkan kangkung sebelum di proses menjadi makanan yg disajikan di meja, bukan tidak mungkin hama- hama tadi pun akan ikut masuk ke perut kita. Terlebih dalam penyajiannya biasanya kangkung dimasak setengah matang, dengan kata lain hama yang. Berada di batang kangkung bisa saja tidak mati, dan itu cukup membahayakan perut kita.

Taburkan garam dapur.

Garam dapur selain dapat menambah rasa pada masakan kita, juga dapat menjadi antiseptik alami bagi sayuran. Taburkan saja garam secukupnya pada sayuran yang telah dicuci beraih, lalu aduk rata di mangkok atau baskom, diamkan sesaat, kemudia tiriskan dan cuci bersih sampai garam tidak lagi menempel pada sayuran.

Cuci sayuran di air yang mengalir.

Pastikan untuk mencuci sayuran di air yang mengalir agar hama- hama pada sayuran dapat terbuang dan tidak menempel disayuran lainnya. Jangan hanya merendam sayuran saja, karena hama tidak akan rontok dengan sendirinya.

Photo Credit : Disini

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s