RESEP – Choco Mousse Charlote

Si manis ini cocok banget buat penggemar cokelat, tapi tidak memiliki oven dirumah :). Bermodalkan kompor dan mixer saja, sudah bisa membuat dan menikmati si manis yang lembut ini. Iya. Choco mousse. Dengan tekstur lembut didalam dan crunchy diluar, tidak membuat hidangan ini membosankan lho. Bisa dilihat dari penggunaan kuning telurnya yang sampai 10butir, hahahahaa.. Bosan sih tidak, bangkrut mungkin :)) mirip kalau kita bikin lapis legit ya, memakai banyak sekali telur.

Untuk penggunaan wafer, saya sarankan menggunakan wafer merk Selamat, karena cenderung rapuh ketika dipotong, jika menggunakan biskuit akan menjadi keras dan sulit untuk dipotong setelah dimasukkan kedalam kulkas 😀 Lebih enak lagi jika menggunakan cokelat batang KitKat sebagai pengganti wafer.. Enak dan enak bangeeeet :))) pake mahal juga sih hihihihi… Tapi daripada memakai Lady fingers, itu lebih mahal lagi hahahahahaa.. (Ngasih resep kayak ngajak berantem yaaa…hihihihi)

Resep saya dapatkan dari buku resep “Aneka resep hidangan spesial dan lezat” karya Ny. Lestari, penerbit Bintang Indonesia, Jakarta. So.. Selamat mencoba ya! ^_^//

Resep Choco Mousse

Bahan :
700 gr cokelat masak (dark cooking chocolate)
100 gr mentega
10 btr kuning telur
25 g gula pasir
4 btr putih telur (kocok hinga kaku)
3 sdm rhum ( optional)
wafer siap pakai secukupnya
Pelengkap :
Whipped cream dan cokelat bubuk untuk ditaburkan

Cara membuat :
1. Tim cokelat masak dan mentega diatas api kecil sampai mencair.
2. Kocok semua kuning telur dan gula pasir hingga putih dan lembut.
3. Masukkan larutan cokelat mentega kedalam kuning telur kocok, dan kocok lagi hingga tercampur rata
4. Masukkan adonan cokelat telur ini sedikit demi sedikit kedalam putih telur kocok, sambil diaduk lagi hingga tercampur rata. Tambahkan rhum , aduk rata lagi.
5. Siapkan cetakan bongkar pasang ( spring form), susun kue wafer secara vertical di sekeliling dalam cetakan/ Loyang. Tuang adonan mousse cokelat sedikit demi sedikit, ratakan permukaannya.
6. Simpan dalam lemari es selama ± 3 jam atau sampai beku. Keluarkan saat akan dihidangkan. Pindahkan mousse kedalam piring saji. Untuk menahan agar bentuk mousse tidak goyah, ikat dengan pita. Hias dengan whipped cream dan taburi dengan bubuk cokelat.

Photo Credit : Darisini

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s