RESEP – Churros

Cemilan yang berbahan dasar tepung ini, lebih mendekat rasanya seperti roti goreng. Kalau ada yang bertanya, berasal darimana sih si Churros yang namanya rada latin- latin gini? Sebenernya si Churro ini gaje :)) alias gak jelas asal muasal nya dari mana, tapi doi emang populer di Spanyol, Perancis, Filipina, Portugal, Mexico dan beberapa daerah selatan Amerika.

Roti goreng yang dibentuk panjang dan kadang dibikin simpul ini, seringnya sih goreng garing dan dimakan untuk sarapan. Topping buat makannya pun bervariasi, mulai dari dengan taburan gula halus, bisa campuran gula pasir dengan bubuk kayu manis, atau mau dicocol dengan cokelat leleh juga enak 😀 Kalau orang kita sih makannya buat cemilan ya, karena makan pagi kita anti-mainstream sama orang barat, kudu nyenggol nasi sepiring, segelas teh hangat dan ditutup dengan pisang goreng. Hmm… itu sarapan atau makan siang ya.. ^_^’

Lagi- lagi saya harus berterima kasih sekaligus minta maaf kepada sumber yang saya tidak bisa sebutkan disini, dikarenakan saya tidak mencatat sumbernya resep ini dulu, semoga resepnya bermanfaat dan enak ya, supaya yang bikin resep juga dapet pahala, aamiin… Selamat mencoba!

RESEP – Churros

Bahan-bahan:

250 ml air
100 gram mentega tawar
150 gram terigu berprotein sedang
¼ sdt garam
3 butir telur, kocok ringan
200 gram dark chocolate, cacah kasar
250 ml susu segar
Minyak goreng secukupnya

Cara membuat:

1. Campur air dan mentega dalam wajan, panaskan dan aduk selama 3-4 menit hingga mendidih dan mentega lumer. Matikan api, sisihkan.
2. Tambahkan terigu dan garam, aduk menggunakan sendok kayu hingga tercampur rata dan adonan kalis. Tutupi dengan plastik, sisihkan selama 15 menit atau hingga dingin.
3. Tambahkan telur satu persatu sambil diaduk hingga rata.
4 Masukkan adonan ke dalam kantong semprot (spuit) dengan ujung berbentuk bintang, berdiameter 2 cm.
5. Tuangkan minyak dalam wajan kira-kira ketinggian 6 cm, panaskan hingga 180ºC (panas sedang). Tekan keluar adonan dari kantong semprot, potong dengan gunting sepanjang kurang lebih 10 cm dan masukkan ke dalam minyak yang telah panas. Goreng selama 2 menit atau hingga kecoklatan.
6. 
Tiriskan churros matang di atas kertas roti.
Membuat Saus Cokelat:

1. Campurkan cacahan coklat dan susu dalam wajan, panaskan dengan api sedang, aduk hingga coklat meleleh dan tercampur rata.
2. Cocol churros yang telah matang dan nikmati hangat- hangat bersama secangkir kopi.

Credit Photo : Blog Tetangga
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s