RESEP – Ayam Goreng Kremes

Haiiii… kali ini saya akan berbagi resep ayam goreng kremes! Ya! Ayam goreng yang kriuk- kriuknya sukses ngegantiin kerupuk. Entah ya kalau orang lain, saya itu salah satu orang yang kalau makan musti pake kerupuk, biar seru aja gitu ada kriuk- kriuk di mulut hehee 😀 Resepnya saya dapet dari salah satu blog, tapi sayangnyaaa..karena dulu rajinnya cuma nge-save-in dan masak, gak kepikiran buat nyatet sumber resepnya.. TT_TT so, bukan maksud pencurian resep, karena terlalu banyak resep yang saya dapet dari sana- sini dan kelupaan atau enggak kepikiran buat nyatet sumbernya.. Harap maklum yaaa, namanya juga Ibu- Ibu 😛

Semoga resepnya bisa dipraktekkin dengan baik, saya udah pernah nyoba buat resep ini dulu, cuman lupa, waktu itu berhasil atau enggaknya, kayaknya sih berhasil, soalnya buat saya makanan tuh gak ada yang gak enak, semua itu Enak dan Enak Banget (huahahaha…) 😀 Selamat Mencoba ya! ;D

Bahan:
1 ekor ayam kampung (boleh juga pake ayam negri)
500 ml air
3 sdm tepung tapioka
2 sdm tepung beras
1 butir telur ayam
1 batang serai
1 lembar daun salam
Minyak goreng

Bumbu halus:
6 butir bawang merah
3 siung bawang putih
4 butir kemiri
3 cm jahe
1 cm kunyit
2 sdt ketumbar

Bahan sambal:
6 buah cabai merah keriting (kalau gak keriting, pakai cengek domba juga boleh)
1 buah tomat merah
3 butir bawang merah
1 siung bawang putih
1 sdt terasi bakar
1 sdt garam
1 sdt gula merah
2 sdm minyak goreng untuk menumis
Cara membuat :
1. Siapkan panci deep-fry, masukkan ayam, air, daun salam, serai dan bumbu halus. Ungkep ayam (rebus ayam) dalam panci tertutup hingga ayam empuk. Setelah kira- kira empuk, tiriskan ayam, sisihkan sisa bumbu perebus, jangan dibuang yaa..
2. Panaskan minyak, goreng ayam hingga kuning keemasan. Sisihkan.
3. Tambahkan tepung beras, tepung tapioka dan telur ke dalam sisa bumbu yang tadi bekas rebusan ayam, digoreng hingga kering dan bersarang pake minyak yang banyak ya, supaya bisa ngambang saranganya..
4. Buat sambal: Tumis semua bahan sambal hingga matang kecuali gula dan garam, angkat lalu haluskan dengan ulekan bersama gula, garam, terasi. Kalau mau hasil nya bagus, bisa di blender, kalau mau ada cabe yang masih kasar cukup di ulek manual saja.
5. Hidangkan ayam goreng beserta kremes dan sambal, pakein lalapan juga enak kok 😀 jangan lupa nasinya nasi anget lho yaaa… NYAAAMMMMIII!!!

 

Credit Photo : Blog Tetangga

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s