Perbedaan dunia tepung

Hai semuaaa… Saya merasa adalah orang paling pusing sedunia ketika praktekin resep yang gak menginformasikan dengan jelas pemakaian jenis tepung di adonan.. Dan kadaaang, saya gak tau harus pake tepung apa untuk bikin kue atau masakan yang saya lagi pengeeen banget bikin.. Alhasil, sering banget deh kudu ngulang bikin kue ato masakan cuman karena salah pake tepung… Cape ngulen, biros biaya.. Mending kalo bisa dimasak dan dimakan kan yaaa, kalo jadinya dibuang, kan jadi mubazir TT_TT

Nah.. Buat yang doyan bingung kayak saya, ini ada info kecil- kecil-an yang saya kumpulin, supaya bisa bedain jenis- jenis tepung yang sering beredar di resep- resep.. Dan pastinya sama contoh penggunaannya.. Jadi pas nemu resep yang kurang informatif udah bisa nentuin sendiri harus pake tepung apa… Hehehehe..

Semoga membantu yaaa..! ^_^
Bedanya tepung-tepungan…

1. Tepung Kanji = Tepung Sagu = Tepung Tapioka
2. Tepung Kanji terbuat dari singkong = Tepung Maizena terbuat dari jagung (beda di resep penggunaannya saja karena tingkat kekenyalannya berbeda)
3. Tepung Beras = Tepung Ketan (berbeda dikekenyalannya saja, tepung ketan lebih kenyal)
4.Tepung Maizena = saripati jagung. Dapat digunakan sebagai pengental, perenyah kue kering dan gorengan, pelembut tekstur kue, pencegah gumpalan gula halus, dipakai sedikit saja, karena kalo dipakai banyak bisa bikin kue lebih cepat berjamur.
5. Tepung Jagung = berasal dari biji jagung yang dihaluskan. Dapat digunakan untuk membuat keripik, biskuit, kue kering
6. Tepung Beras = berasal dari beras putih biasa yang dihaluskan. Dapat digunakan untuk membuat kue tradisional, pelapis gorengan supaya renyah, membuat bihun.
7. Tepung Ketan = berasal dari beras ketan yang dihaluskan. Lebih kenyal. Dapat digunakan untuk membuat kue tradional dan bolu.
8. Tepung Singkong = berasal dari singkong yang melalui proses fermentasi. Dapat digunakan untuk membuat roti, cake, kue kering.
9. Tepung Kanji, Tepung Aci, Tepung Tapioka = berasal dari saripati singkong/ubi. Dapat digunakan sebagai bahan baku untuk pembuatan bakso, empek- empek.
10. Tepung Sagu = berasal dari saripati batang pohon sagu. Mirip tepung kanji. Dapat digunakan sebagai pengental adonan, bahan untuk kue kering, bika ambon.
11. Tepung Hunkwe = berasal dari saripati kacang hijau. Berwarna putih. Dapat digunakan untuk bahan baku makanan tradisional seperti nagasari, centik manis, cendol.

 

Dan berikut apa yang membedakan TERIGU PROTEIN RENDAH, TERIGU PROTEIN SEDANG DAN TERIGU PROTEIN TINGGI

  1. Terigu protein rendah = mengandung gluten ± 8%-11%. Dapat digunakan sebagai bahan baku untuk pembuatan kue kering, pastel, gorengan, bakpau.
  2. Terigu protein sedang = mengandung gluten ±12%. Dapat digunakan sebagai bahan baku untuk pembuatan donat, bakpau, bapel, panada, cake, muffin, brownies, onde-onde.
  3. Terigu protein tinggi = mengandung gluten min 13%. Dapat digunakan sebagai bahan baku untuk pembuatan roti, mie.

Seperti yang kita tau, ada tepung terigu merk Kunci, merk Segitiga Biru dan Cakra Kembar.. Masing- masing berbeda kadar proteinnya..

  1. Terigu Kunci Biru = Protein Rendah201447111315125201010251510984201447101719859
  2. Terigu Segitiga Biru = Protein Sedang
  3. Terigu Cakra Kembar = Protein Tinggi.

Semoga besok- besok gak ada yang salah lagi ya kayak saya kalo masak atau membuat kue dengan tepung apa.. 😀 Dan kalau ada yang kurang tepat, mohon kritik dan sarannya yaaa.. Terima kasih ^_^//

Credit photo : BOGASARI

Advertisements

2 thoughts on “Perbedaan dunia tepung

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s